Teknologi Informasi dan Aplikasi Komputer
A. IT dan DT
Information Technology (IT) atau teknologi informasi adalah mesin yang menjalankan otomatisasi untuk melayani manusia. Ia bersifat self-control dan self-management. IT membuat manusia berperilaku seperti robot. IT adalah sesuatu yang; I have, you don't have.
Data Technology (DT) atau teknologi data adalah ketika Anda menggunakan data untuk memahami orang lain. DT adalah mesin yang dibuat untuk memahami manusia. Ia menstimulasi produktivitas manusia dan melayani banyak orang. DT membuat robot berperilaku seperti manusia. DT adalah sesuatu yang; You have, I don't have. Era IT sudah lewat dan tak lagi cukup. Sama seperti bisa membuat sepeda tidak lagi cukup, tapi harus membuat sepeda yang bisa berjalan sendiri - sepeda motor. datang di era DT. Inilah perbedaan besar antara IT dan DT.
IT adalah ketika kita menciptakan teknologi yang bisa menciptakan, merekam, mentransaksikan data dan kemudian disimpan dalan database. DT adalah ketika kita menciptakan teknologi yang mengolah data-data tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita. Tanpa DT, 2,5 quintiliun byte data itu cuma sekedar angka yang tak ada artinya.
B. Defenisis Aplikasi komputer
Aplikasi komputer adalah suatu perangkat yang lunak yang terdapat pada komputer dan memiliki fungsi fungsi yang tertentu yang telah disesuaikan dengan tujuan yang diinginkan dari pembuat aplikasi tersebut. Seseorang yang membuat aplikasi biasa disebut dengan seorang programer. Aplikasi adalah sebuah sistem komputer yang tidak mempunyai wujud secara fisik di dunia nyata, tetapi aplikasi disimpan di dalam sistem komputer dalam bentuk data digital. Aplikasi bisa menjalankan setiap perintah yang dimasukkan oleh si pengguna komputer, hasil dari proses aplikasi tersebut bisa berbentuk data digital ataupun data fisik.
C. Faktor-faktor pendukung informasi
Laudon dan Laudon (2000) menentukan 5 variabel untuk mengukur kesuksesan sistem informasi, variabel-variabel tersebut adalah :
a.Tingkat penggunaan yang tinggi (high level of system use),
b.Kepuasan pengguna terhadap sistem (user satisfaction on system),
c.Sikap yang positif (favorable attitude) pengguna terhadap sistem tersebut,
d.Tercapainya tujuan sistem informasi (achieved objectives ),
e.Imbal balik keuangan (financial payoff).
kesediaan "sarana" dan "tenaga":
a.Hardware
b.software
c.brain ware (SDM)
D. Manfaat atau tujuan belajar aplikasi komputer
Menurut Soeparno (1987) menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar mengajar, yakni :
1. Ada berbagai macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar mengajar,
2. Ada media yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu
3. Ada perbedaan karakteristik setiap media
4. Ada perbedaan pemakai media tersebut
5. Ada perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan.
6. Media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Penggunaannya.
Referensi :
http://melizamustika.blogspot.co.id/2012/02/manfaat-mempelajari-aplikasi-komputer.html
http://riza46e.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/12/23/faktor-kesuksesan-dan-kegagalan-sistem-informasi/
Referensi :http://www.top-ilmu.com/2013/12/pengertian-aplikasi-komputer-dan-jenis.html :http://www.sagga-us.net/2015/08/pengertian-aplikasi-komputer-dan.html
ADS HERE !!!